KURIKULUM

            Kurikulum merupakan jalan dalam mencapai keberhasilan suatu pendidikan. Dalam arti luas kurikulum tidak hanya dipandang sebagai suatu rencana pembelajaran yang bersisi mata pelajaran yang akan diajarkan tetapi ada banyak bentuk kurikulum yang sebenarnya terjadi dalam suatu satuan pendidikan. Pertama adalah written Kurikulum, ini merupakan konsep atau kurikulum yang sudah kita rencanakan atau disebut juga dengan kurikulum operasional. Artinya yang akan dipratikkan oleh suatu satuan pendidikan. Kedua, kurkulum nul, kurikulum ini merupakan bentuk kebutuhan yang sebenarnya ada dalam pengalaman siswa. tetapi di sekolah tidak diajarkan. Ketiga adalah hidden kurikulum, ini merupakan bentuk pengalaman yang ada tetapi tidak direncanakan dalam konsep. Tapi ini merupakan kegiatan pembiasaan, prilaku yang dilihat oleh siswa dari lingkungan sekolah, itu menjadi bagian pengalaman dalam membentuk karakter siswa.
          Selanjutnya Kurikulum perlunya berdiri di atas landasan-landasan yang kuat, sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam melahirkan sebuah kurikulum. Ada beberapa landasan yang kita kenal dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum. Pertama adalah landasan filosofis. Kedua landasan psikologis. Ketiga landasan Sosiologi dan Keempat adalah landasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

       Menyikapi beberapa hal pokok di atas Kurikulum SD Islam AL Hidayah mengunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum Sekolah yang sudah berpedoman pada landasan-landasan diatas namun tidak melupakan aspek kemandirian suatu satuan pendidikan. Dalam hal ini adalah menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar sekolah. Yang paling utama bahwa, kurikulum sekolah ini juga mengintegrasikan pendidikan berbasis nilai agama, akhlak dan saint. Ini sebagai langkah menuju mendidikan yang berkarakter dan sebagai upaya menempatkan sekolah sebagai trasnfer of knowledge and Values.

Visi:
  • Menjadikan SD Islam Al Hidayah sebagai  Lembaga Pendidikan Dasar yang mampu menjadikan  generasi Islam yang  unggul dalam akhlak, prestasi, berwawasan global yang dilandasi nilai-nilai budaya luhur sesuai dengan ajaran Islam.
Misi:
  • Menanamkan keyakinan/akidah melalui pengalaman ajaran Islam.
  • Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan.
  • Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK, bahasa, olahraga, dan seni  budaya sesuai dengan bakat, minat, dan potensi siswa.
  • Menjalin kerjasama yang harmonis antara warga sekolah dan lingkungan.
Tujuan:
  • Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Merujuk pada tujuan Pendidikan dasar tersebut, maka tujuan Sekolah Dasar Islam Al Hidayah Pamulang Permai adalah sebagai berikut:
  1. Dapat mengamalkan ajaran agama Islam hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;
  2. Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat kabupaten/kota.
  3. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi;
  4. Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
  5. Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.
Kegiatan Pembelajaran (Learning Activity)
Kegiatan pembelajaran di SD Islam Al Hidayah dialaksanakan pada pagi hari. Learning Activity adalah kegiatan pembelajaran yang merupakan sekenario pengalaman belajar anak. Sekolah Dasar Islam Al Hidayah mengedepankan kegiatan pembelajaran yang aktive, creative, inovatif dan menyenangkan. Guru dan murid terlibat dalam interaksi timbal balik untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Tidak lagi melihat bahwa guru sebagai unsur yang lebih penting dalam kegiatan belajar mengajar. Tapi di sini yang ada yakni: interaksi dengan siswa, menganggap siswa sebagai subjek creatif dan aktif, menghargai prilaku siswa dan tidak menanamkan kekerasan. dengan suasana seperti ini kegiatan pengalaman yang ada dalam pembelajaran akan berjalan secara efektif. bahkan sampai kepada tujuan yang diharapkan.

Kegiatan Pembiasaan 
1. Pembudayaan nilai keagamaan
2. Pembudayaan nilai-nilai karakter bangsa
3. Pembudayaan minat baca
4. Pembudayaan nilai-nilai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
5. Pembudayaan nilai seni



Kegiatan Pengembangan Diri dan Esktrakurikuler
1. Kegiatan Pramuka dengan tujuan mengenalkan dan menanamkan nilai displin dan nilai patriotisme
2. Kegiatan seni lukis sebagai upaya menciptakan nilai kreativitas dan seni pada anak
3. Karate dalam pengembangan pripadi yang teguh dan disiplin
4. Futsal
5. Bulu Tangkis
6. Tahfiz Al Quran
7. Tilawah Al Quran
8. Seni Tari


Postingan populer dari blog ini